TOEFL TEST
INTRODUCTION
Materi ini penulis sajikan untuk memenuhi kebutuhan para pembelajar bahasa Inggris yang kini menghadapi tuntutan yang tinggi untuk mempelajari lebih banyak kompetensi pelajaran bahasa Inggris itu sendiri mengingat buku-buku pelajaran sekolah sekarang ini telah berbasis kompetensi, artinya bahwa siswa atau pembelajar yang menggunakan buku tersebut telah siap atau telah memiliki kompetensi yang cukup. Materi pelajaran di sekolah telah cenderung bermuatan pelajaran berupa wacana sementara pelajaran teori penjelasan grammar semakin sedikit, karena diharapkan para siswa bisa belajar sendiri di rumah atau melalui pendidikan luar sekolah atau kursus.
Bila siswa atau pembelajar tidak membekali dirinya dengan kompetensi yang memadai, mustahil baginya untuk mengikuti pelajaran dan mengerjakan soal ujian di sekolah dengan baik. Materi ujian di sekolah sekarang ini dalam bentuk tes performa bahasa Inggris, seperti Reading, Listening, Speaking, dan Writing. Tetapi bukan berarti dalam hal ini tidak perlu lagi belajar Grammar bahasa Inggris. Justru oleh karena itulah para siswa atau pembelajar bahasa Inggris harus mempelajari dan menguasai grammar bahasa Inggris. Karena memang tidak bisa materi tes grammar digunakan untuk menguji kemampuan grammar seseorang, seperti diterapkan dahulu. Sekarang, untuk menguji kompetensi (grammar) seseorang digunakan materi tes berupa Reading, listening, speaking, dan writing yang merupakan kemampuan luar (performance) dalam berbahasa Inggris.
Sama halnya dengan apa yang diterapkan dalam TOEFL yang merupakan alat standarisasi berbahasa Inggirs secara internasional juga menguji kompetensi peserta tes TOEFL dengan materi tes berupa:
Reading
Listening
Speaking
Writing
Namun bukan berarti calon peserta tes TOEFL tidak perlu lagi mempelajari kosa kata (vocabulary), dan tata bahasa dan struktur (grammar). Justru setiap calon peserta tes TOEFL harus memiliki kompetensi yang prima, dan latihan praktek berbahasa Inggris karena masing-masing tes,antara lain: reading, listening, speaking, dan writing merupakan aplikasi daripada kompetensi bahasa Inggris, yakni vocabulary dan gammar. Peserta tes akan mampu memahami sebuah bacaan yang ia baca pada saat mengerjakan tes reading, dan memahami percakapan yang ia dengarkan dalam tes listening bila ia memiliki kompetensi yang prima dalam vocabulary dan grammar. Demikian pula peserta tes akan mampu berbicara dalam tes speaking, dan menulis karangan dalam tes writing bila ia memiliki kompetensi yang prima pula mengenai vocabulary dan grammar.
Bentuk tes apapun yang kita hadapi semuanya bertolak dari penguasaan kompetensi bahasa Inggris, yakni penguasaan perbendaharaan kata (vocabulary), tata bahasa (gramma), dan berlatih menerapkannya dalam performa berbahasa Inggris. Sebagai tambahan latihan performa membaca, sebaiknya anda banyak berlatih membaca buku-buku literature (text book), surat-kabar, majalah yang disajikan dalam bahasa Inggris.
Tambahan latihan performa listening, tentu saja anda perlu banyak belatih mendengarkan penutur asli bahasa Inggris berbicara, atau orang yang bukan penutur asli bahasa Inggris tapi telah menggunakan bahasa Inggris standard yakni yang menggunakan bahasa Inggris sama dengan penutur asli bahasa tersebut; mendengarkan berita (English News) di televisi, dan mendengarkan radio yang berbahasa Inggris tentunya.
Tambahan latihan performa speaking, tentu saja anda perlu banyak berlatih berkomunkasi dengan orang lain dengan menggunakan bahasa Inggris. Usahakan anda berkomunikasi dengan penutur asli bahasa Inggris, atau dengan seseorang yang sudah menggunakan bahasa Inggris sesuai standard sebanyak mungkin.
Tambahan latihan performa writing, tentu saja anda sebaiknya membiasakan diri menuliskan kegiatan sehari-hari anda dalam diary, dan menuliskan ide atau pendapat anda dalam kalimat-kalimat bahasa Inggris yang baik dan benar sesuai kaidah tata bahasa Inggris. Jika anda banyak berlatih, anda pasti bisa melakukannya dengan baik.
Model Uji Kompetensi, dan Tes TOEFL
a. Berupa Pilihan Berganda (multiple choice)
Melengkapi kalimat dengan mengisi tempat kosong (titik-titik). Contoh:
The teacher asked John why ……….. late.
A. did he come B. he comes
B. B. does he D. he came
Dalam hal ini, peserta tes diminta untuk memilih jawaban ganda A, B, C, D yang paling tepat untuk melengkapi kalimat di atasnya.
Solusi mengerjakan soal:
1. Kenali bagian-bagian kalimat contoh soal di atas, antara lain:
The teacher - subyek kalimat
Asked - predikat
John - obyek tidak langsung
Why …….late - obyek langsung
2. Contoh soal di atas adalah sebuah kalimat yang memiliki obyek langsung berupa embedded sentence. Yang dimaksud dengan embedded sentence adalah sebuah anak kalimat berupa klausa benda (noun clause) yang berfungsi sebagai obyek atau komplemen dalam sebuah kalimat.
3. Kata kerja ‘asked’ yang digunakan sebagai predikat kalimat utama dalam kalimat contoh di atas bentuk past, maka predikat ‘embedded sentence’ juga harus bentuk past. Dengan demikian alternative pilihan jawaban dipersempit, yakni antara A atau D.
4. Walaupun embedded sentence pada contoh soal di atas menggunakan kata tanya why, namun kalimat tersebut tidak menggunakan kata kerja bantu ‘did’. Dengan demikian pilihan yang paling tepat adalah D.
Demikianlah contoh analisis kalimat yang digunakan sebagai solusi untuk menyelesaikan soal pilihan berganda (multiple choice).
Contoh soal di atas akan dapat dengan mudah dijawab bila kita telah memiliki cukup kompetensi.
Tehnik mengerjakan soal:
Setiap soal pasti teridiri atas kalimat dan kata-kata. Kalimat selalu terdiri atas: subyek, predikat, obyek, dan atau komplemen.
Subyek kalimat terdiri atas kata benda (noun), atau kata ganti (pronoun); frase benda (noun phrase), atau klausa benda (noun clause). Dalam hal ini perlu diperhatikan:
a. Gender kata benda, kata ganti, frase benda, atau klausa benda yang digunakan sebagai subyek kalimat.
b. Apakah kata benda, kata ganti, frase benda, atau klausa benda yang digunakan sebagai subyek kalimat bentuk tunggal atau jamak?
Hal ini perlu diketahui karena kata benda, kata ganti, frase benda, atau klausa benda bentuk tunggal dan bentuk jamak mempengaruhi penggunaan predikat kalimat present tense.
Predikat kalimat selalu terdiri atas kata kerja. Dalam hal ini perlu diperhatikan:
a. Apakah predikat kalimat yang dimaksud teridiri atas kata kerja penghubung (linking verb), kata kerja utama (main verb), atau gabungan kata kerja bantu dengan kata kerja utama, atau gabungan kata kerja bantu dengan kata kerja be.
b. Tense – bentuk kata kerja sesuai waktu kapan keadaan atau tindakan yang dinyatakan dalam kalimat itu berlangsung.
Obyek kalimat selalu terdiri atas kata benda (noun), atau kata ganti (pronoun); frase benda (noun phrase), atau klausa benda (noun clause). Dalam hal ini perlu diperhatikan:
a. Gender kata benda atau kata ganti yang digunakan sebagai subyek kalimat.
b. Apakah kata benda atau kata ganti yang digunakan sebagai obyek kalimat bentuk tunggal atau jamak?
Hal ini perlu diketahui untuk dapat dengan mudah menggunakan kata ganti yang sesuai untuk menggantikan kata benda, frase benda, atau kluasa benda yang digunakan sebagai obyek kalimat.
Mengidentifikasi Kesalahan dalam Kalimat (identifying mistakes)
Contoh:
Immigrants have contributed many thing to the countries where they settled.
A B C D
Dalam hal ini, peserta tes diminta untuk mengoreksi kesalahan dalam kalimat tersebut, dan kesalahan itu berada pada salah satu kata yang digarisbawahi, dan diberi huruf A, B, C, D untuk dipilih sebagai jawabnnya.
b. Berupa Bacaan (reading)
Contoh:
The earth is our environment. The environment includes everything in our surroundings and all the conditions that affect our lives. In the short time human beings have been on earth, we have learned to change the envirionment to provide for our needs and luxuries. We have grown plants and domestical animals; we have cleared forests to open up land for farming; we have mined and refined the earth’s mineral; we have learned to use mineral for fuel and as minerals to make tools, houses, and machines.
We use water to wash ourselves, our clothes, and our dishes, to cook our food and in many other ways. Without ample water, our lives would be very different. Life itself could not exist without water. It is certain that all living things need water. Every year there are water shortages in various places on earth. The problem is not that, there is not enough water. It is that the right amount of water is not the right places at the right time.
Without ample water, our lives would be very different…
A. because we use water to wash ourselves.
B. because life itself could not exist without water.
C. because Every year there are water shortages.
D. Because we have learned to use mineral.
c. Berupa Percakapan pendek (short conversation)
Contoh:
ANDA MENDENGARKAN:
WOMAN: Since I moved to this town, It’s difficult for me to get more money.
MAN: Why don’t you try to get extra job in a bank?
Narator: What does the man suggest the woman do?
Jawaban Pilihan yang tersedia pada kertas jawaban anda:
A. To go to the bank.
B. To borrow some money from a bank.
C. To get additional job in a bank.
D. To save money in a bank.
d. Berupa Percakapan agak panjang (longer conversation)
Contoh:
ANDA MENDENGARKAN:
MAN: Hi, Linda.
WOMAN: Good morning, Sam.
MAN: Nice to meet you.
WOMAN: Glad to meet you.
MAN: Is there anything I can do for you?
WOMAN: Yeah, I’m taking English correspondence, and I’m not doing very well on my essays. I would need some tutoring in English.
MAN: Right. Um, well, let’s see when can we meet … that we are both free.
WOMAN: Okay.
MAN: How about on Tuesday afternoon. I may not have activities from one until five o’clock.
WOMAN: Alright. I think that would be a correct time.
MAN: What time shall we meet?
WOMAN: How about two until five o’clock.
MAN: That would work I think.
WOMAN: Okay then, Sam. See you on Tuesday.
MAN: See you Linda.
Narator: When does the conversation take place?
Jawaban Pilihan yang tersedia pada kertas jawaban anda:
A. On Tuesday
B. In he afternoon.
C. At two until five o’clock..
D. In the morning.
e. Berupa Komentar (Talks)
Contoh:
ANDA MENDENGARKAN:
Tutor:
Okay, today we’re going to discuss about business. When you hear people talking about business, it must be related with money and stock exchange. What is a stock exchange? A stock exchange is a place where stocks and shares are bought and sold, such as New York Stock Exchange, the London Stock Exchange, and the Jakarta Stock Exchange. So New York, London, and Jakarta are financial centres.
Most of the world’s business activities would be impossible without stock and bonds. Stock and bonds are certificate that corporations sell to the public to raise money. To start a new company or to buy new equipments for an existing company usually requires a very large amount of money. The amount may be too large to borrow from a bank or from a private individuals. The company finance should be strong enough to develop productivity. To raise the maney, the company sells thousands, sometimes millions of shares of stocks or hundred of thousands rupiah’s worth bonds. Stock and bonds are also called securities. The people who buy securities are called investors. So they invest money. By careful investment of their capital, each of them will obtain a good income.
Narator: What is this lecture mainly about?
Jawaban Pilihan yang tersedia pada kertas jawaban anda:
A. Business activity.
B. Money use for capital.
C. Stock exchange.
D. Business that makes good income.
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Pada Saat Ujian (Test)
Arahan (direction) yang dibacakan oleh narrator.
Makna dan ide pokok bahasan.
Pertanyaan atau instruksi yang diberikan oleh narrator.
Persiapan Sebelum Menghadapi Ujian sekolah atau tes TOEFL
1. PERBENDAHARAAN KATA
Menguasai Perbendaharaan kata (Vocabulary)
Kata-kata ibarat darah yang mengalir di dalam tubuh manusia. Semakin banyak darah seseorang, ia pun akan semakin kuat dalam gerak hidupnya. Demikian pula dengan kemampuan berbahasa anda. Semakin banyak perbendaharaan kata anda, akan semakin bagus kemampuan berbahasa anda. Sebaliknya, bila anda miskin perbendaharaan kata akan lemah pulalah kemampuan anda untuk melakukan performa bahasa, seperti membaca (reading), mendengar (listening), berbicara (speaking), dan menulis (writing).
Cara Kenali, ucapkan dengan bersuara, fahami, dan hafalkan.
Menguasai Kosa Kata
Kenali (recognize) – kata apa yang sedang anda pelajari tersebut, apakah kata tersebut kata benda (noun), kata ganti (pronoun), kata sifat (adjective), kata keterangan (adverb), kata kerja (verb), kata penghubung (conjunction), kata depan (preposition), atau kata seru (interjection). Selain itu anda juga harus mengenali konsep, dan ciri-cirinya. Bila anda mengenali kata tersebut sesuai konsep, jenis dan fungsinya, maka anda akan dengan mudah menggunakannya dalam pembentukan kalimat. Karena masing-masing jenis kata memiliki fungsi tersendiri dalam struktur kalimat. Pada saat anda membaca kalimat, anda sebaiknya bisa mengenali setiap kata yang digunakan dalam kalimat tersebut sesuai letak posisi, dan fungsinya. Misalnya, setiap subyek kalimat pasti benda, baik berupa kata benda, frase benda, atau klausa benda. Frase benda (noun phrase), dan klausa benda (noun clause) akan kita bahas pada bab …..)
Bila anda menemukan sebuah kata, anda harus bisa mengenalinya sesuai konsep dan jenis katanya, misalnya:
Man - termasuk jenis kata benda (noun)
Ucapkan dengan bersuara
Untuk menguasai sebuah kata, selain mengetahui dan menghafalkan jenis katanya, anda harus menghafalkan bunyinya. Bunyi yang anda hafalkan hendaknya bunyi bahasa Inggris standard internasional, karena bila anda menghadapi TOEFL anda akan mendengarkan bunyi standar tersebut.
Man - dibunyikan /mæn/
Bila anda tidak menghafalkan bunyi kata-kata atau ungkapan bahasa Inggris standard internasional, kemugkinan besar anda akan kesulitan menghadapi TOEFL.
Fahami
Memahami sebuah kata atau ungkapan berarti kita mengetahui dengan baik mengenai arti (meaning), sinonim (synonym), lawan kata (opposite), atau definisinya (definition).
WORD MEANING SYNONYM OPPOSITE DEFINITION
Man - adult male adult person woman an adult male having marked masculine attributes.
Memahami sebuah kata atau ungkapan bahasa Inggris tidak cukup dengan menghafalkan arti kata tersebut dalam bahasa Indonesia, karena kita belajar bahasa Inggris untuk bisa berkomunikasi dengan orang asing yang belum tentu mengerti bahasa Indonesia. Jadi bila kita ingin menjelaskan sebuah kata atau ungkapan kepada lawan bicara maka kita harus menjelaskannya dalam bahasa Inggris juga, yakni dengan memberikan arti (meaning), sinonim (synonym), lawan kata (opposite), atau definisinya (definition). dalam menghadapi TOEFL pun kita tidak bisa memberi jawaban dalam bahasa Indonesia.
Hafalkan
Menghafalkan setiap kata atau ungkapan bahasa Inggris, kita harus menghafalkan jenis, bunyi, dan maknanya. Pada awalnya kelihatannya memang sulit, tetapi suka atau tidak suka hal itu harus dilakukan guna mencapai hasil yang maksimal di masa depan.
Parts of Speech - Jenis-jenis Kata ()
1. Noun - name of peson, place, things, quality, action, or idea. Noun functions as subjects, objects, objects of prepositions, objects of verbals, and as adjectives.
2. Pronoun - A word that takes the place of a noun: I, you, he, she, it, we, etc.
3. Adjective - word or words used to modify a noun, pronoun, or verbal: good food, wonderful you, poor fishing, etc.
4. Adverb - Word or words used to modify a verb, verbal, adjective, adverb, or entire clause or sentence: run quickly, sit quietly, quiet fresh, naturally he was elected, etc.
5. Verb - Word or words used to express action or state of being of the subject: Windy studied hard; She is studying; They are going home, etc.
6. Conjunction - Word or words used to join words, phrases, or clauses: man or woman; A book and a pen; Liza is reading a magazine and listening music; etc.
7. Preposition - A word or words that convey a meaning of position, direction, time, or other abstraction. Together with a noun or pronoun and its modifiers. It forms a prepositional phrase, which serves as a modifier: to the front, from the village, with her, etc.
8. Interjection - Ejaculatory word or expression: Alas, there’s no more to drink; woow, it’s very interesting; etc.
Solusi Mengegerjakan Soal Ujian kompetensi, dan tes TOEFL
Power vocabulary Competence, and TOEFL test bertujuan mengukur kekayaan perbendahaaraan kata bahasa Inggris anda secara komprehensif. Anda tidak perlu khawatir, yang penting anda telah berusaha dengan keras untuk memperkaya perbendaharaan kata anda. Lakukan banyak latihan mengerjakan soal-soal sehingga anda terbiasa.
Cara Memperkaya Perbendaharaan
Ada banyak cara untuk memperkaya perbendaharaan kata, dan cara tersebut hendaknya disesuaikan dengan keadaan dan keinginan pembelajar. Dalam buku ini disajikan beberapa cara yang efektif dan produktif.
Pertama
Dengan membaca berbagai bacaan bahasa Inggris, dengan mencatat dan menghafalkan setiap kata baru yang anda temukan dalam bacaan tersebut.
Kedua
Ciptakan kamus Pribadi
Sediakan sebuah buku tulis untuk anda jadikan kamus pribadi. Anda bisa mendesign bentuk pencatatan perbendaharaan kata dalam kamus pribadi anda sesuai keinginan dan selera anda bagaimana anda dengan mudah untuk menghafalkannya. Contoh:
1. Anda bisa membagi buku tulis yang telah anda sediakan menjadi beberapa bagian sesuai jumlah jenis atau kelas kata yang akan anda hafalkan. Sebenarnya ada delapan jenis kata dalam bahasa Inggris, tetapi jumlah kata-kata yang paling banyak adalah kata benda (noun), kata sifat (adjective), kata kerja (verb), dan kata keterangan (adverb). Masih ada jenis kata lainnya, seperti kata ganti (pronoun), kata penghubung (conjunction), kata depan (preposition), dan kata seru (interjection) yang seyogyanya tidak perlu dimuatkan dalam kamus karena jumlah tidak begitu banyak. Keempat jenis kata tersebut bisa dihafalkan tersendiri.
2. Anda bisa mencatat semua kata-kata secara berurutan tanpa membagi buku tulis yang anda sediakan terlebih dahulu, tetapi cara pencatatannya sebaiknya anda memberi tanda jenis kata atau kelas katanya pada bagian akhir setiap kata, misalnya:
book (n) – noun;
good (adj) – adjective
dan seterusnya.
Catatlah terlebih dahulu seluruh kata yang sudah anda ketahui. Hal ini perlu dilakukan untuk mengukur berapa banyak kekayaan perbendaharaan kata yang sudah anda miliki. Setelah mencatat seluruh kata-kata yang telah anda ketahui baru kemudian tambahkan setiap kata baru yang anda peroleh pada saat anda membaca, atau yang anda dengar dari seseorang atau sumber lain. Dengan cara ini, anda bisa mempelajari ulang setiap kata-kata yang sudah pernah anda peroleh agar tidak lupa. Karena bila kata-kata yang telah pernah anda peroleh tapi tidak pernah digunakan atau dibaca ulang, maka kata-kata tersebut akan terlupakan dan hilang dari memori anda.
Ketiga
Catat Kata-kata dengan Lengkap
Yang dimaksud dengan mencatat kata-kata dengan lengkap adalah mencatat kata-kata dalam kamus pribadi yang dilengkapi dengan cara pengucapannya (standard internasional), artinya (dalam bahasa Inggris), dan contoh penggunaannya. Contoh:
WORDS PRON MEANING USAGE
book (n) /bκ/ text book I read a book.
The book is good.
write (v) /rait/ put (on paper) I write a letter.
Eliot writes novels.
right (adj.) /rait/ true, correct You are right.
The answer is right.
Export (n) /0eksp]:t/ something exp Rubber is an export from Indonesia.
Export (v) /eks0p]:t/ send (goods) to Indonesia export rubber to Japan.
Keempat
Dengan mempelajari proses pembentukan kata dengan penambahan sufiks atau prefiks pada kata dasar.
Proses pembentukan kata dalam hal ini bahasa Inggris merupakan salah satu cabang ilmu bahasa (linguistics), yakni morfologi (morphology). Morfologi (morphology) - ilmu yang mempelajari proses pembentukan kata. Yang dimaksud dengan pembentukan kata adalah perubahan kelas suatu kata menjadi kelas kata yang lain, misalnya:
1. Kata benda (noun) bisa diubah menjadi kata kerja dengan menambahkan sufiks pada kata dasar kata benda. Contoh:
NOUN SUFFIX VERBS MEANING
Kata Benda Sufiks Kata Kerja Arti
economy -ize economize menghemat
commercial commercialize mengkomersilkan
harmony harmonize menyesuaikan
2. Kata benda (noun) bisa diubah menjadi kata sifat (adjective) dengan menambahkan sufiks pada kata dasar kata benda. Contoh.
NOUN SUFFIX ADJECTIVE MEANING
Kata Benda sufiks Kata Sifat Arti
bride -al bridal bridal
commerce commercial komersial
tradition traditional tradisional
Untuk lebih jelas mengenai proses pembentukan kata, anda bisa membaca buku-buku mengenai proses pembentukan kata. Anda juga bisa membaca buku berjudul “Kompetensi Bahasa Inggris” karangan: Drs. Heldin Manurung, terbitan Great Media.
Kelima
Dengan mempelajari ungkapan-ungkapan khusus (idiomatic expressions), contoh:
take medicine
go to college
biology class
Look after = menjaga, memelihara
Look down = melihat ke bawah
Look into = melihat ke arah
Look out = melihat ke luar
Dll.
Untuk lebih jelas mengenai ungkapan-ungkapan khusus (idiomatic expressions), anda bisa membaca buku-buku yang membahas mengenai idiom.
NOTE:
Bila anda telah memahami dan menguasai jenis, bentuk, dan fungsi kata, maka anda akan dengan mudah memahami dan membentuk kalimat. Karena kalimat adalah kumpulan kata-kata yang dirangkai dalam struktur menurut fungsi kata-kata sesuai kaidah tata bahasa.
2. Grammar
Uji Kompetensi dan tes TOEFL menguji kemampuan berbahasa pesertanya secara komprehensif oleh karena itu, anda harus menguasai tata bahasa dan struktur bahasa Inggris secara menyeluruh. Walaupun di dalam materi reading, talks, dan lecture, anda menemukan secara gambalang kehadiran kalimat-kalimat majemuk (compound sentence), dan kalimat majemuk bertingkat (complex sentence) namun kalimat-kalimat tersebut dibangun dengan kata-kata yang berkaitan dengan tata bahasa. Terlebih lagi di dalam tes sessi speaking, dan writing, anda harus mampu membentuk kalimat sendiri. Jika anda tidak memiliki tata bahasa dan stuktur yang kuat mengenai bahasa Inggris, tipis kemungkinan bagi anda untuk bisa menyelesaikan materi tes yang disajikan. Dengan kata lain, bila anda ingin lulus TOEFL dengan nilai maksimal hendaknya anda telah menguasai tata bahasa dan struktur bahasa Inggris secara komprehensif.
Sebelum menghadapi uji kompetensi, dan tes TOEFL sebaiknya anda mempersiapkan diri terlebih dahulu dengan mempelajari seluruh tata bahasa dan struktur (grammar and structure) yang disajikan berikut ini:
Tata bahasa & struktur adalah dua istilah yang harus dibedakan tetapi tidak boleh dipisahkan.
Cara Menguasai
Kenali, ucapkan dengan bersuara, fahami, dan hafalkan.
Untuk menguasai tata bahasa dan struktur bahasa Inggris, kita harus mengenali terlebih dahulu, ucapkan dengan bersuara, fahami, dan hafalkan hingga betul-betul menjadi milik anda.
Kenali
Apakah yang dimaksud dengan tata bahasa Inggris?
Tata bahasa Inggris adalah kata-kata yang berfungsi (function words) untuk menata keteraturan kalimat bahasa Inggris seperti bentuk dan sintaksis dari pada kata-kata yang digunakan dalam penyusunan kalimat, seperti penggunaan kata benda tunggal dan jamak, yakni penambahan sufiks –s untuk membentuk kata benda beraturan menjadi bentuk jamak, penambahan sufiks –s pada predikat kalimat present tense yang subyeknya terdiri atas orang ketiga tunggal, seperti he, she, it, dan lain-lain. dalam hal ini, kita harus mengenali seluruh kata-kata yang berhubungan dengan keteraturan bahasa Inggris.
Ucapkan dengan bersuara
Bacalah setiap kalimat dengan bersuara untuk melatih setiap bunyi ucapan (pronunciation), tekanan (stress), dan intonasi (intonation) dari pada kalimat yang sedang anda pelajari.
Fahami
Pada saat anda membaca suatu kalimat, anda harus berusaha memahami maknanya, baik yang tersurat maupun yang tersirat yang terkandung dalam kalimat yang sedang anda baca. Contoh:
John is at the post office. John di kantor pos. (arti secara umum)
John di kantor pos tapi bukan pegawai pos. (arti tersirat)
John is in post office. John di kantor pos. (arti umum)
John di kantor pos, dan dia pegawai pos. (arti tersirat)
I have been at home for one hour. Saya sudah di rumah selama satu jam.
Sampai kini masih di rumah. (arti tersirat)
Liza has been waiting for one hour. Liza telah menunggu selama satu jam.
Sampai saat sedang bicara masih menunggu. (arti tersirat)
Hafalkan
Bila anda telah melakukan ketiga tahapan di atas dengan baik, maka anda akan menguasai dan menghafalkan kalimat yang sedang anda pelajari, dan kelak anda dapat gunakan dalam kegiatan berbahasa Inggris anda.